^ Selamat datang di Kawasan Infosemua lee-futhu.blogspot.com

Jumat, 11 Februari 2011

Larangan makan dan minum sambil berdiri

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Janganlah seorang dari kalian minum sambil berdiri. Barang siapa yang lupa hal itu, hendaklah ia memuntahkanya." [HR Muslim (3775) Kitab Al-Asyribah.]

Hadits Nabi menurut ilmu kedokteran

     Dr. Abdurazzaq Al-Kailani menjelaskan bahwa minum dan makan sambil duduk lebih menyehatkan, aman, enak, dan menjaga kehormatan. Sebab,
apa yang dimakan dan diminum sambil duduk akan melewati dinding perut dengan pelan dan lembut. Sedangkan, minum sambil berdiri menyebabkan jatuhnya air ke dasar perut dengan keras dan menghantamnya. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan perut menjadi longgar dan lemah. Selanjutnya perut akan sulit mencerna.

     Dahulu, Nabi pernah minum sambil berdiri karena kondisi darurat yang menghalanginya untuk minum sambil duduk, seperti keadaan yang sesak di tempat2 yang suci. Beliau tidak menjadikan hal itu sebagai kebiasaan dan terus-menerus. Disamping itu , makan sambil berjalan juga tidak sehat , sebagaimana yang telah diketahui masyarakat muslim. 

     Dr.Ibrahim Ar-Rawi menyatakan bahwamanusia kerika berdiri dalam keadaan tertekan (tertekan maksudnya tubuh menerima tekanan gravitasi yang tinggi ketika berdiri. Apabila dalam kondisi darurat sehingga orang tidak bisa duduk maka boleh berdiri tapi bersandar pada sesuatu. Ini maksudnya untuk mengurangi tekanan gravitasi yang tinggi tersebut)  dan alat penyeimbang dalam syarafnya dalam keadaan sangat aktif. Sehingga, ia melakukan kontrol penuh terhadap seluruh otot tubuh untuk malakukan keseimbangan dan berdiri tegak. Hal itu membuat manusia tidak mampu mendapat ketenangan dari organ tubuh yang berfungsi untuk aktivitas makan dan minum. Ketenangan ini  hanya diraih manusia saat dalam kondisi duduk.  Sebab, sejumlah otot dan syaraf dalam keadaan tenang dan santai, pancaindra normal, seta respons sistem pencernaan terhadap makanan dan minuman juga semakin baik.

Tahukah Anda ?
Fakta lainya, maka dan minum yang dilakukan dengan berdiri secara terus menerus akan membahayakan dinding  isis dan beresiko menyebabkan luka dalam lambung. Menurut para dokter, 95% luka pada lambung terjadi ditempat - tempat jalan masuknya makanan atau minuman. Saat berdiri , akan pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalanya makanan ke usus secara mudah. Ini terkadang menyebabkan rasa sakit dan mengganggu fungsi pencernaan. Akibatnya, seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.  

0 komentar:

Posting Komentar