^ Selamat datang di Kawasan Infosemua lee-futhu.blogspot.com

Jumat, 04 Februari 2011

Inilah Jenis-Jenis Plastik yang Ada Di Sekitar Kita

Plastik yang ada disekitar kita dapat dengan mudah dikenali dengan simbol atau lambang yang biasanya tertera dibawah botol atau kemasan. Ada 7 macam jenis plastik :


1. PETE atau ETE (Polyethylene terephthalate)



Jenis ini dipakai untuk botol plastik yang
transparan dan tembus pandang seperti botol air mineral, botol minuman sari buah dan botol lainnya. Botol botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.


2. HDPE (High Density polyethylene)


Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain.

HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.

Tidak sama dengan PET, HDPE masih bisa dipakai berulang-ulang asalkan tidak mengalami pemanasan di atas 120 derajat Celcius. 


3. V atau PVC (polyvinyl chloride)


Plastik ini adalah yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini sangat tipis dan paling sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Kandungan zat berbahaya dari PVC mudah lumer bila kena makanan panas dan berminyak 


4. LDPE (Low Density Polyethylene)


Jenis plastik ini biasanya dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Plastik yang terbuat dari bahan ini dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Plastik dengan bahan ini bisa dibilang tidak dapat dihancurkan tetapi tetap baik untuk makanan. Contohnya plastik pembungkus gula, minyak goreng curah atau terigu.


5. PP (Polypropylene)


Pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Khususnya untuk botol minuman bayi. Pastikan melihat ada simbol tulisan ini jika ingin membeli wadah plastik yang baik.


6. PS (Polystyrene)


Bahan ini lebih dikenal dengan sebutan styrofoam. Didalam plastik ini terdapat bahan styrine yang berbahaya bagi otak dan sistem saraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Banyak negara seperti Amerika Serikat dan Cina menghindari penggunaan styrofoam.


7. Other (Polycarbonate)


Jenis plastik ini bening, tahan panas dan bisa dipakai berulang kali. Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minuman olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga dan plastik kemasan. -WIL-

di antara jenis2 plastik diatas, yang bahanya cukup aman adalah no (2) (4) (5) (7)

0 komentar:

Posting Komentar